Head to Head CB150R vs New V-Ixion

Posted: Desember 20, 2012 in News

.

JAKARTA – Pertarungan motor sport 150cc sedang panas, setelah dua pabrikan sepeda motor terbesar di Indonesia sama-sama menelurkan varian terbarunya di penghujung 2012 ini. Astra Honda Motor (AHM) dengan Honda CB150R StreetFire dan Yamaha Indonesia dengan Yamaha New V-Ixion Lightning.

CB150R vs V-Ixion

CB150R vs V-Ixion

Segmen 150cc adalah kelas seksi buat industri automotif roda dua, terlebih yang ditawarkan adalah segmen motor laki, bukan lagi bebek atau matik. Yamaha masih memegang segmen ini, dan Honda coba merebut pasar sport medium tersebut.

Secara desain, mesin, harga, fitur unggulan dan segmen pasar, Honda CB150R dan Yamaha New V-Ixion akan beradu keras. Secara teknis dan data semuanya memiliki nilai plus dan minus, sisanya tentu saja dikembalikan kepada selera pasar yang memilih.

Tak perlu panjang lebar, ayo kita bahas detail per detail mengenai CB150R dan New V-Ixion, yang bisa dimulai dari desain, sasis dan suspensi, mesin, fitur dan juga harga jual kedua motor sport ini.

1.  DESAIN

Sejak pertama kali diberitakan mengenai kehadiran CB150R, desain yang terbayang adalah dua pendahulunya MegaPro dan Tiger. Honda menjawabnya dengan bahasa desain berkarakter tajam, ramping dan ringan, mulai dari lampu sampai spakbor belakang. Velg sporty palang enam dengan ukuran 17 inci, spakbor depan model sporty dengan dua lubang di bagian tengah. Dudukan nomor polisi ada di bawah lampu depan, dimana head lamp sudah meninggalkan model bulat. Lampu sein terpasang cukup tinggi, dengan telinga di bagian lampu seperti membentuk huruf Z. Tangki cukup besar dan tinggi, dengan tutup tangki model lawas, plus penggunaan cover samping. Di belakang masih tersedia handle untuk sekedar pegangan penumpang ataupun bantuan saat motor akan distandar tengah.

Yamaha memberikan perubahan cukup radikan pada andalannya di kelas sport ini. Velg model bintang palang lima, dengan spakbor depan sporty. Lampu mengotak dengan dimensi cukup besar, dan dudukan nomor polisi ada di atas lampu depan. Ini yang dirasa cukup mengganggu tampang New V-Ixion. Ukuran tangki bensin juga cukup besar dengan desain racing, tutup tangki model sport yang dibuat rata. Bagian belakang cukup naik, yang membuat kesan motor menjadi nungging. Tidak ada handle belakang di samping jok, tapi buat pegangan mengangkat motor ada di bawah jok. Buritan New V-Ixion ini memang menjadi nilai plus.

2. SASIS

Ciri khas paling menonjol pada CB150R StreetFire ini menggunakan rangka inovatif tipe truss atau trellis yang ringan tapi punya kekuatan yang tinggi. Kabar ini sudah dihembuskan Honda sejak awal. Rangka tersebut dirancang khusus untuk menunjang mesin, memaksimalkan kinerja sistem suspensi Pro-Link dan mengurangi getaran mesin secara optimal. Efek positifnya mampu menghasilkan kestabilan, kelincahan dan kenyamanan selama berkendara, baik di dalam kota ataupun berkendara jarak jauh (touring). Suspensi depan Honda CB150R StreetFire masih menggunakan model Teleskopik. Sementara sistem suspensi belakang Pro-Link yang mampu menyesuaikan diri dengan berbagai kondisi jalan.

CB150R

CB150R

Yamaha sudah mengadopsi penggunaan sasis Deltabox atau pressed backbone sejak varian pertama V-Ixion. Gaya ini tetap dipertahankan di New V-Ixion sebagai modal di sektor handling atau melibas tikungan. Urusan suspensi, New V-Ixion menggunakan model teleskopik di sektor depan. Buat bagian belakang, suspensi monoshock dengan model monocross.

3. FITUR UNGGULAN

Untuk fitur unggulan Honda memang mengandalkan di sistem sasis motor. Tapi ada beberapa fitur lainnya yang bisa dikedepankan di CB150R ini. Sistem rem sudah mengadopsi model cakram di depan dan belakang. Lalu pada panel indikator sudah menggunakan model digital untuk speedometer dan model jarum penunjuk buat pengukuran putaran mesin. Kunci sudah dilengkapi dengan pengaman magnet.

Fitur unggulan Yamaha New V-Ixion bisa dimulai dari bagian speedometer dimana pengendara akan disapa dengan tulisan Hi Bro saat memutar kunci kontak. Kunci kontak sendiri terletak di bagian atas tangki, tidak lagi di bawah setang. Cukup inovatif desainnya, dan dibantu dengan model tutup tangki yang terlihat sporty. New V-Ixion hadir dengan dua model, yakni kick starter dan non kick starter.

4. MESIN

Mesin 150cc milik Honda CBR150 menjadi andalan Honda CB150R untuk bisa menang di sektor mesin. Tipenya sudah DOHC (Double Overhead Camshaft), berpendingin cair dan dipadukan dengan transmisi manual enam percepatan (model 1-N-2-3-4-5-6). Dengan mesin ini, Honca CB150R mampu memuntahkan daya mencapai 12,5 kW (17,00 PS) pada putaran mesin 10.000 rpm. Torsinya mencapai 13,1 Nm (1,34 kgf.m) pada putaran mesin 8.000 rpm. Kecepatan maksimal yang bisa ditembus mencapai 122 km/jam, dengan akselerasi 0-200 meter yang ditembus dengan rata-rata 10 detik.

V-Ixion

V-Ixion

Yamaha Indonesia memberikan model mesin New V-Ixion model SOHC (Single Overhead Camshaft) empat klep, berpendingin cairan dengan kapasitas 149,8cc. Mesin tersebut sanggup menghembuskan tenaga 12,2 kW diputaran 8.500 rpm dan torsi puncak 14,5 pada 7.500 rpm. Mesin ini telah mengadopsi teknologi Fuel injection serta forged piston dan diasil silinder sebagai teknologi balap Yamaha.

5. HARGA

Siapkan uang sebesar Rp22.350.000 untuk membawa pulang satu unit Honda CB150R. Harga tersebut sudah berstatus on the road Jabodetabek. Astra Honda Motor memang menempatkan CB150R di bawah Honda Tiger (Rp25,2 juta) dan ada di atas Honda MegaPro yang dibanderol Rp19,6 juta.

Yamaha Indonesia menyiapkan dua harga buat varian New V-Ixion. Model dengan kick starter dibanderol dengan harga sebesar Rp22,6 juta. Sementara New V-Ixion non kick starter dihargai Rp22,4 juta. Bandingkan dengan V-Ixion lawas yang dibanderol Rp21,7 juta, atau model sport Yamaha lainnya Byson yang dibanderol Rp20,9 juta. Soal harga antara Yamaha New V-Ixion dan Honda CB150R memang sangat bersaing dan beda tipis. Soal siapa yang akan menang di segmen sport roda dua, tentu dikembalikan ke selera pasar.

So, kamu pilih yang mana? Jangan sampai salah pilih, gunakan hati nurani anda (loe kate Pemilu?) hahaha 😀

.

Sumber : http://autos.okezone.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s