DPR Bolos, DPR Diprotes, DPR Boros

Posted: Agustus 3, 2010 in News

DPR

SERANGAN singkat artis senior Pong Harjatmo ke atap DPR, telah membuka mata publik maupun parlemen mengenai kelemahan DPR selama ini. Pong menulis agar DPR “jujur, adil, tegas”. sebuah kritik yang tajam dan mengena.

DPR suka membolos, padahal di mata rakyat, anggaran mereka besar dan boros. Maka protes pun meledak dari Pong dan masyarakat. Anehnya, DPR merasa tidak salah dengan bebagai alasan.

Pers mempublikasikan protes Pong itu, dan kinerja Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) kembali mendapat sorotan tajam dari masyarakat luas. Kali ini hal itu dipicu oleh rendahnya tingkat kehadiran para anggota DPR di rapat-rapat dewan.

Persoalan mengenai tingginya tingkat kemalasan anggota DPR seakan menjadi isu yang selalu berulang pada setiap periode. Padahal, DPR memiliki target merampungkan 70 rancangan undang-undang pada tahun ini. Namun, sampai pertengahan tahun ini, baru lima rancangan undang-undang yang berhasil diselesaikan.

Ide penggunaan sistem pemindai sidik jari (finger print) pun muncul, guna mengatasi perilaku para anggota dewan yang gemar membolos tersebut. Publik tentu patut miris, melihat fenomena kemalasan para wakil mereka di parlemen. Sejatinya DPR dapat menjadi lembaga negara berwibawa dan terhormat, melalui peningkatan sisi sensitivitas para anggotanya.

Peneliti The Habibie Center Bawono Kumoro melihat faktor utama penyebab rendahnya sisi sensitivitas para anggota dewan dapat ditelaah dalam dua kemungkinan.

Pertama, sebagian besar anggota dewan agaknya masih belum dapat menghalau citra DPR di masa lalu, sebagai institusi politik yang sangat inferior di hadapan lembaga eksekutif. Akibatnya, kini ketika pintu demokrasi terbuka lebar, euforia politik mereka pun meluap secara berlebihan.

Kedua, kewenangan besar yang dimiliki DPR dewasa ini, secara tidak langsung telah membuat para anggota dewan cenderung bersikap acuh tak acuh terhadap aspirasi publik. Sebagaimana kita ketahui bersama, melalui empat tahap amandemen UUD 1945, kini DPR telah menjelma menjadi lembaga yang memiliki kewenangan sangat besar.

Hal itu antara lain terlihat jelas dalam beberapa pasal hasil amandemen, seperti Pasal 19, Pasal 20, Pasal 20 A, Pasal 21, Pasal 22, Pasal 22 A, dan Pasal 22 B. Besarnya kewenangan dan kekuasaan DPR akan semakin terasa dalam hal relasi dengan lembaga eksekutif.

DPR

DPR menjadi arogan dan mau benar sendiri. Maka ketika anggota DPR membolos, perbincangan publik terkini dihangatkan wacana tentang tindak pembolosan.

Di kalangan anak sekolah, itu bukan hal istimewa. Halnya menjadi istimewa karena tindak pembolosan itu dilakukan oleh anggota-anggota DPR dan DPRD. Dalam masa kampanye, mereka mengumbar janji untuk membela aspirasi konstituen. Sesudah mendapat kursi, tak sedikit yang lupa memperjuangkan aspirasi konstituen.

Konstituen ditinggalkan dan amanat penderitaannya kurang dihiraukan.

Menurut akademisi Unika Atmajaya Prof Alois Nugroho, dilihat dari sudut konsekuensi yang timbul, tindak pembolosan mungkin saja menguntungkan anggota dewan yang bersangkutan, kelompoknya, atau parpolnya. Tetapi yang jelas, pembolosan menimbulkan kerugian bagi para pencoblos yang telah memilih mereka.

Keuntungan yang muncul dari tindak pembolosan ini bagi yang bersangkutan pun mungkin hanya berupa keuntungan sosial, posisi politik atau perolehan finansial yang – meski pun banyak – tetap saja tidak menyangkut hal-hal esensial yang dapat dimasukkan ke dalam hak-hak asasi manusia.

Kalangan DPR harus menghentikan kebiasaan membolos, apalagi produktivitas mereka dalam legislasi rendah. Ini berbahaya bagi legitimasi ke depan.

Wahai, anggota DPR, jangan lagi membolos agar rakyat tidak kecewa dan antipati! Bangkitlah dan bekerjalah dengan optimal, agar demokrasi kita tidak banal.

[mor]

Sumber : http://www.inilah.com

.

Situs Porno di sidang DPR

DPR Porn

Jakarta (ANTARA News) – Sebuah alamat situs porno lengkap dengan tampilan gambar-gambar asusila tiba-tiba muncul di layar informasi kegiatan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang terletak di depan ruang wartawan DPR Senayan,  Jakarta, Senin.

“Wiiih gile…kok bisa muncul,” kata salah seorang wartawan yang melihat gambar-gambar asusila tersebut.

Belum diketahui bagaimana tiba-tiba bisa muncul dan terbuka situs porno di layar komputer yang merupakan papan informasi kegiatan DPR dengan sistem layar sentuh.

Di depan ruang wartawan terdapat dua papan informasi. Situs porno tersebut hanya muncul di salah satu layar yang terletak di samping kanan ruang wartawan.

Sedangkan papan informasi yang berada di sebelah kiri ruang wartawan tetap dengan infomasi kegiatan dewan.

Puluhan wartawan yang sedang melakukan peliputan di gedung DPR terlihat berkerumun.

Beberapa dari mereka terlihat tertawa dan histeris melihat gambar-gambar asusila silih berganti.

Sementara Kabag Pemberitaan DPR Ratno terlihat panik dan berusaha untuk menutupnya. Namun dari layar sentuh yang ada alamat situs porno tersebut tetap tak bisa dimatikan.

Sementara wartawan foto terus sibuk mengabadikan peristiwa “langka” di gedung wakil rakyat tersebut.

Belum diketahui siapa pelaku “hack” tersebut. Sementara dari komputer di ruang wartawan jika dibuka papan informasi DPR tidak muncul alamat situr porno tersebut.

Munculnya situs prrno tersebut menjadi perhatian tidak hanya para wartawan tetapi juga para pengungjung dan tamu dewan.

(ANT/A024)

Sumber : antaranews.com

.

.

Komentar :

HEBAT…! Kirain gw aja yg dulu tukang bolos n nitip absen waktu kuliah, eh ternyata anggota Dewan (yang katanya…) terhormat juga doyan B… O… L… O…S…!!! Udah doyan korupsi, doyan selingkuh, doyan tidur, sekarang doyan bolos lagi! Gimana negara ini mau maju coba??? TUHAN….!!! Tolonglah kami rakyat-rakyat kecil ini!!!

Soal situs porno nongol di web http://www.dpr.go.id sih nggak usah pake acara teriak-teriak meng-kambing hitam-kan Hacker deh! siapa tau aja emang komputer DPR kalau lagi sidang emang di pake buka-buka situs porno ama anggota Dewan (yang katanya…) terhormat itu, kan lumayan tuh buat ngilangin ngantuk (Ups… kena deh!!!) hhmm… kira-kira blog gw sempet di akses juga ama anggota Dewan (yang katanya…) terhormat itu nggak ya? Jadi penasaran… Hahahaha…

Komentar
  1. moon mengatakan:

    hi hi hi. waduh bang ada yang bolos, tidur waktu sidang trus sekarang tambah liat liat yang begituan

    cuma rakyat nih yang ngak boleh liat…, tapi anggota dewan boleh

    waduhhh…. gaji nambah melulu 10 % , 10 % , trus 10 % melulu

    (nah kalo buat kita rakyat kecil koq biaya hidup yang nambah 10 %, 10 % trus 10 % melulu…)

    DIGAJI CUMa BUAT BOLOS..??, PECAT AJA DAH….!!!!

    Re : wah2 berapi-rapi sekali pidatony sis? MERDEKA!!! ha ha ha… iya tuh anggota DPR (yang katany) terhormat itu emang banyak ulahny, udah kyk dagelan srimulat ato opera van java nontonny, aneh2 mulu, bikin ketawa ngakak ha ha ha… sepakat tuh mending d pecat aja, klo perlu tanpa pesangon skalian!!!

  2. shusaku mengatakan:

    kira2 anggota dpr ada yang suka main2 ke kbb ga ya? wahaha atau jangan2 salah satu penulis juga? sambil rapat sambil nulis. aasyik ya jadi anggota dewan makan gaji buta melulu. ayo2 siapa nanti pemilu yad mau nyalon, cukup modal muka tebal & pinter ngebacot doang wakakakka

    Re : wakakaka… iya tuh mr shu, cba klo yg nongol d layar tu halaman dpan blog KBB kn lumyan tuh ngiklan gratis, abis d tonton sluruh indonesia tuh…

  3. moon mengatakan:

    iy nih bang & bos shu

    kapan negara ini bisa maju & programnya lebih ke pro rakyat

    misalnya beli baju gratis, belanja gratis , pokoknya semuanya yang gratis dah…

    dengan syarat yang diwajibkan sbb
    yang dagang anggota dewan yang suka bolos, tidur dan
    boros ,

    modalnya jangan dari APBN tapi dari gaji mereka yang dibayar tapi kaga ada sumbangsihnya untuk negara ini…., alias datang cuma duduk ngaso di kursi empuk ato ngak ngaso tapi sibuk kelayaban diluar…..

    Re : hhhmm… klo gini terus sih pling kira2 3,5 abad lg baru negara kita bs maju sis, kyk main catur aja nih sampai teler nunggu eh ngga maju2 jg bkalan mati bosen nih klo trus kyk gini hehehehe…

  4. Hardi mengatakan:

    Salut dah! Sangat sangat dan sangat mencerminkan sikap rakyat indonesia

    Dah suka bolos, ada yg begituan lagi! Jgn” tuh gambar dr laptopnya dewan lagi?!

    Hahaha

    Re : y pastilah dr laptop dewan, masa asalny dr laptop tukul?😀 apalagi skrng mreka mau bkin gedung baru yg mewah, pasti bkal lngkap ruangan multimedia tuh jd ntar aman buat akses yg rada2 gimana gt hahaha…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s