Asal Usul Fenomena Keong Racun

Posted: Agustus 3, 2010 in Artikel

VIVAnews – Keong Racun tiba-tiba menyelip, lalu menggelegar di jagat hiburan tanah air. Lagu yang syarat dengan sindiran dan syair nakal ini jadi pembicaraan orang ramai di dunia maya. Sejumlah stasiun radio berulang kali memutar lagu itu.

Keong Racun bahkan sempat menempati posisi nomor satu trending topic di Twitter. Lagu yang meluncur dari Bandung itu bergantian menempati posisi puncak dengan Tony Hayward, yang mengundurkan diri dari perusahaan minyak raksasa British Petroleoum.

Jika Tony Hayward turun dari posisi puncak meninggalkan kemewahan dan gaji selangit, Keong Racun melaju di jalur berlawanan. Lagu ini mendaki ke puncak  dari ruang tamu sebuah rumah kecil di gang sempit Bojongloa, Bandung, Jawa Barat.

Lagu yang dinyanyikan secara lipsync oleh dua remaja wanita ini, Shinta dan Jojo, diciptakan oleh Subur Tahroni. Di Bandung, Subur dikenal sebagai pencipta lagu yang produktif. Berusia 49 tahun, ia tinggal di sebuah rumah sempit berukuran 5 x 6 meter.

Shinta & Jojo

Rumah sederhana itu bersesakan dengan rumah-rumah kecil lain di Gang Siti Mariah, Kelurahan Jamika, Kecamatan Bojongloa Kaler, Kota Bandung. Bersama istrinya dan keempat anaknya, Subur sudah lama tinggal di situ.

Tinggal di kawasan yang padat, di tengah banyak orang yang susah, justru membuat daya cipta Subur Tahroni selalu menyala. Dia merekam begitu banyak ironi kehidupan. Salah satu lagunya yang tenar di Bandung adalah “Pacar Lima Langkah.”

Lagu itu diinsipirasi oleh kehidupan asmara di gang sempit itu. Pacaran dengan tetangga, begitu lirik lagu Subur, sungguh beruntung. Hemat dalam segala hal. Coba saja simak syairnya.

Pacarku memang dekat

Lima langkah dari rumah

Tak perlu kirim surat

SMS juga gak usah

Kalo rindu bertemu

Tinggal ngomong depan pintu

Tangan tinggal melambai

Sambil bilang helo sayang

Lagu Keong Racun juga diinspirasi dari kehidupan orang-orang di sekitar Subur. Anak Subur bernama Bayu Eka Prasetya mengisahkan lagu itu digubah sang ayah pada tahun 2008, diilhami oleh kawannya yang seorang playboy tulen alias doyan gonta-ganti pacar.

“Saya tanya ke Bapak soal lagu ini, kata Bapak lagu ini cerita tentang temannya yang suka main cewek, playboy,” kata Bayu kepada VIVAnews.com. Dia menambahkan, ayahnya makin dikenal masyarakat sejak lagu Keong Racun berkumandang di mana-mana.

Saat VIVAnews.com bertandang ke rumah itu, Kamis, 29 Juli 2010, Subur sedang tidak di rumah. Sudah dua hari dia tidak pulang. Menurut Bayu, ayahnya hanya bilang ingin menenangkan diri dahulu ke luar kota. “Mungkin sedang mencari inspirasi,” ungkapnya.

Bayu beserta ibunya Yeti Wartini (49) mengaku senang lagu ciptaan Subur bisa terkenal di seluruh negeri setelah dinyanyikan secara lipsync oleh Shinta dan Jojo. Menurut Bayu, ayahnya yang seniman tidak mempermasalahkan lagunya dinyanyikan oleh orang lain.

Selain Keong Racun, Buy Akur–begitu Subur biasa disapa–telah menciptakan ratusan lagu dari berbagai genre, seperti rock, pop, dan dangdut.

Bayu mengisahkan suatu hari Lisa, penyanyi yang pertama kali mendendangkan lagu Keong Racun, pernah datang ke rumahnya bersama Charlie – ST12. Mereka berniat membeli hak cipta lagu itu.

Bayu tak tahu berapa lagu-lagu ciptaan Buy selama ini dihargai. “Sudah profesi Bapak untuk menciptakan lagu, saya tidak tahu harga satu lagu berapa,” kata Bayu.

Inilah syair Keong Racun yang sedang meledak di blantika musik nasional itu:

Dasar kau keong racun

Baru kenal eh ngajak tidur

Ngomong nggak sopan santun

Kau anggap aku ayam kampung

Kau rayu diriku

Kau goda diriku

Kau colek diriku

Eh, ku takut sekali

Tanpa basa basi kau ngajak happy happy

Eh, kau tak tahu malu

Tanpa basa basi kau ngajak happy happy

Mulut kumat kemot

Matanya melotot

Lihat body semok

Pikiranmu jorok

Mentang-mentang kau kaya

Aku dianggap jablay

Dasar koboy kucai

Ngajak check-in dan santai

Sorry sorry sorry, Jack

Jangan remehkan aku

Sorry sorry sorry, Bang

Ku bukan cewek murahan

.

Sekedar Iseng

Keong Racun kini jadi tenar. Lagu yang digubah Subur Tahroni  dari Bandung sohor setelah versi videonya ditayangkan di situs Youtube. Kesohoran lagu itu juga melambungkan nama Shinta dan Jovita Adityasari alias Jojo, yang bikin video lipsync lagu itu.

Shinta dan Jojo kini diburu sejumlah media massa. Diwawancara seputar lagu itu, bertanya darimana datangnya gagasan lipsync itu dan serentetan pertanyaan lain.

Keong Racun

Hari ini, Kamis 29 Juli 2010, Jojo menerima sejumlah wartawan di kampusnya di Universitas Pasundan, Bandung, Jawa Barat. Jojo yang baru berusia 19 tahun itu menuturkan bahwa  pembuatan video itu, lalu menyebarkannya ke internet, semata-mata sekedar iseng.

Itu sebabnya, Jojo begitu terkejut  video itu sohor, dibicarakan banyak orang, lagunya diputar banyak radio,  dan belakangan banyak wartawan memburu kisah mereka.

Kepada para wartawan Jojo  menuturkan bahwa ada enam video klip yang dia buat bersama Shinta, yaitu Keong Racun, Cinta Satu Malam, Slow Down, Dokter Cinta, Jangan Lebay dan Telephone. Semua itu mereka buat di rumah Jojo dengan menggunakan webcam laptop.

Setelah pembuatan video itu,  Jojo ingin memasukannya  ke dalam account facebook miliknya, namun ukurannya terlalu besar.  Repotnya Jojo tidak mengerti bagaimana cara mengconvert video itu. Atas usulan salah seorang kawannya, maka video itu diunggah ke Youtube.

Setelah diunggah ke Youtube, “Baru kemudian dimasukan ke Facebook,” ungkap mahasiswi Hubungan Internasional ini.

Jojo tidak menyangka respon masyarakat terhadap videonya sangat besar.  Dia jadi cemas, sebab video itu tenar hampir bersamaan dengan maraknya kasus video porno. Dirubung cemas, Jojo  hendak menghapus video asli itu dari Youtube, tiga hari setelah diunggah.

Tapi Jojo terlambat, sebab sudah begitu banyak  orang yang telah mengunduh video itu.  Dan entah siapa kemudian yang mengirim kembali video itu ke situs Youtube.  “Kami takut videonya disalahgunakan makanya kita hapus video asli tersebut, taunya muncul lagi,” kata Jojo.

Mau liat aksi mereka di Youtube? Nah ini dia video mereka :

.

Sumber : vivanews.com

Komentar
  1. moon mengatakan:

    Nyanyi juga ahh…

    la la la la la la la la….. ^_^

    Re : karaoke keong racun yuk 😀

  2. moon mengatakan:

    yuk bang….

    mulaiii…… abang goyang ngebor ala inul biar tambah hot

    Re : siiip… sis yg goyang gergajiny y? yuk mang d tunggu saweranny…

  3. shusaku mengatakan:

    wah sis yo mau berlipsync juga nih ceritanya?

    Re : mau gabung bos? ayo qta buat trio aja skalian he he he

  4. moon mengatakan:

    mumpung ada bos shu kita ganti haluan

    abang jadi produser, aku jadi kameragirl

    nahhhhh…

    bos shu nyanyi nge rap (lypsync cerita dari mulai pertama dipost sampe cerita terakhir)

    dan jadilah asal usul fenomena KBB ^_~

    Re : sepakat sis, pasti tuh album kita bakal laku 2 juta copy, lom lg RBT-ny, wah-wah bsa tajir mendadak nih ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s