Depkominfo Kembali Mengeluarkan Ide “Kreatif”

Posted: Februari 18, 2010 in News

Depkominfo

Beberapa hari ini di media massa baik cetak maupun elektronik, mulai ramai membahas keluarnya ide “kreatif” lain dari Depkominfo, setelah Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Ide “kreatif” yang dimaksud dan kini sedang menjadi pembicaraan hangat tersebut adalah Rancangan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika tentang Konten Multimedia atau sebutan “keren”-nya RPM Konten. Kenapa PRM Konten ini akhirnya menimbulkan pro dan kontra? Hal ini karena muatan RPM Konten ini rame-rame dinilai akan cenderung membatasi ruang dan gerak para user dan penyelenggara layanan internet di dunia maya dalam memperoleh kebebasan informasi dan berekspresi.

Berikut ini beberapa pasal yang cenderung dapat menimbulkan pembatasan terhadap ruang gerak di dunia maya (menurut versi penulis) :

Pasal 3 – 7 yang secara garis besar mengatur : “Penyelenggara dilarang mendistribusikan, mentransmisikan, dan/atau membuat dapat diaksesnya Konten yang menurut peraturan perundang-undangan merupakan:

  • Konten pornografi;
  • Konten lain yang menurut hukum tergolong sebagai Konten yang melanggar kesusilaan;
  • Konten yang menawarkan perjudian;
  • Konten yang mengandung muatan mengenai tindakan yang merendahkan keadaan dan kemampuan fisik, intelektual, pelayanan, kecakapan, dan aspek fisik maupun non fisik lain dari suatu pihak;
  • Konten yang mengandung muatan berupa berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik;
  • Konten yang mengandung muatan berupa berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik.
  • Dan lain-lain.

Komen : Beberapa dari muatan pasal-pasal ini ada yang gw setuju, tapi khusus pornografi, apa yakin tuh bapak n ibu kita di depkominfo nggak doyan yang porno-porno? Kayaknya masih ada juga tuh yang sedikit curi-curi waktu buat buka situs porno, maklum kebanyakan waktu luang sih di kantor! Ngaku aja deh jangan malu-malu ha ha ha…

.

Pasal 9 ayat (1) b yang berbunyi : “keharusan bagi Pengguna untuk memberikan informasi yang benar dan akurat mengenai identitas dan kontaknya saat mendaftar”.

Komen : Gile aje! Bukannya mengurusin masalah banyaknya Kartu Tanda Penduduk (KTP) ganda atau data kependudukan yang masih amburadul (baca : hancur lebur – red) di dunia nyata yang sudah sangat jelas batasan wilayahnya, eh ini malah ngurusin nick name di dunia maya yang jelas-jelas tak terbatas oleh ruang n waktu. Aya-aya waee nih!

.

Pasal 14 ayat (1) yang berbunyi : “Penyelenggara wajib meminta Pengguna untuk menghapus dari Sistem Elektronik Penyelenggara Konten yang telah diputuskan oleh Penyelenggara atau Tim Konten Multimedia sebagai Konten yang dilarang”.

Komen : Wah makhluk jenis apa lagi nih “Tim Konten Multimedia”? Macem petugas ronda di dunia maya yang tugasnya keliling-keliling ngecek keamanan gitu kale ye? Ada yang berminat daftar nggak? Gaji kayanya lumayan, tugasnya gampang tinggal ngelarang-larang aja sambil pantengin situs-situs porno di internet. Maknyus kan? ha ha ha…

.

Pasal 30 ayat (2) yang berbunyi : “Sanksi administratif sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berupa teguran tertulis, denda administratif, pembatasan kegiatan usaha, dan/atau pencabutan izin sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan”.

Komen : Waduh serem juga nih baca sanksinya, serasa kayak jaman “diktaktor” yang kembali bangkit dari kubur! Bulu kuduk langsung berdiri nih… oooh… seraaam!!!

.

Ya namanya juga pemerintah, kan emang tugasnya ngatur-ngatur, walau kadang yang diatur juga terkesan nggak jelas. Jadi sekarang mari kita berdoa bersama semoga mereka semua yang di “atas” sana bisa dibukakan hatinya agar supaya bisa benar-benar mencermati lagu dari Bang Iwan Fals, “Manusia Setengah Dewa” :

Masalah moral, masalah akhlak

Biar kami cari sendiri

Urus saja moralmu, urus saja akhlakmu

Peraturan yang sehat yang kami mau

.

.

.

Yang mau tau isi lengkap RPM Konten? Klik disini.

Februari 2010, Pendekar Maboek.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s